KOMPETENSI 3.2.
KOMPETENSI 3.2.
Kontributor Oleh :
Erna Rakhmah Meilinda, S.E.I
Udi Urip Harsoyo, ST
Tri Yuliyanto, S.Pd.Si
Andri Juni Prasetyo, S.Pd
Tejo Sutrisno, S.Pd
Kompetensi 3.2. Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.
INDIKATOR
- 1. Menyusun program prioritas dalam merancang program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, realistis, dan berorientasi pada murid.
- 2. Mendapatkan sumber daya yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan untuk melaksanakan program sekolah.
- 3. Memberdayakan sumber daya sekolah yang tersedia secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas belajar.
- 4. Menunjukkan praktik baik pelaksanaan program sekolah yang berdampak pada murid.
- 5. Mengarahkan warga sekolah untuk menjalankan program dengan menjelaskan keterkaitan program dengan visi dan misi sekolah.
- 6. Memantau dan memberi umpan balik untuk memotivasi warga sekolah dalam menjalankan program yang berdampak pada murid.
- 7. Memandu pertemuan secara berkala untuk merefleksikan dan memperbaiki pelaksanaan program sekolah agar lebih berdampak pada murid.
BUKTI FISIK / INDIKATOR YANG TERIDENTIFIKASI
- 1. Analisis kebutuhan program kerja prioritas sekolah dalam bentuk laporan PBD Rapor Pendidikan.
- 2. Pembagian tugas guru dan karyawan, penempatan staff pimpinan sekolah yang sesuai dengan kompetensinya, pengawasan SDM.
- 3. Memfasilitasi kebutuhan dan sumber daya sekolah sesuai kemampuan dan kebutuhan prioritas, pemenuhan 8 SNP (IHT, Workshop, Diklat, FGD, dll)
- 4. Adanya prestasi siswa baik akademik dan atau non akademik.
- 5. Analisis kebutuhan program kerja priortas sekolah dalam bentuk laporan PBD Rapor Pendidikan.
- 6. Umpan balik atas capaian program dalam bentuk EDS atau capaian keterlaksanaan progam kerja sekolah.
- 7. Notulen dafhad kegiatan Evaluasi Ketercapaian Program Kerja Sekolah.
BUKTI DUKUNG KOMPETENSI 3.2.